Wednesday, January 15, 2014

Cara Melihat Port Yang Terbuka Dan Service Yang Terbuka



Ada teman saya menanyakan bagaimana cara untuk mengetahui, membuka atau menutup port-port tertentu. dan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai bagaimana cara mengetaui, membuka atau menutup port tertentu baik secara manual maupun melalui software.

Cara pertama untuk bisa mengetahui port yang terbuka pada sistem windows adalah dengan menggunakan fasilitas netstat melalui prompt comand line atau bisa juga klik start lalu ketik di search program and files jika anda menggunakan windows 7.
caranya adalah aktifkan ke MSDOS 
C:cd windows
C:windows>netstat
Untuk mendapatkan informasi yang beragam dari perintah ini, silahkan gunakan helpnya dengan cara :
C:WINDOWS>netstat /?

Beberapa option yang dapat anda gunakan sebagai berikut :
-a  Menampilkan semua koneksi dan port yang sedang listening. (koneksi sisi server secara normal tidak ditampikan).
-e  Menampilkan statistik ethernet. Hal ini dapat dikombinasikan dengan option -s
-n  Menampilkan alamat dan nomor port dalam format numerik.
-s  Option untuk menampilkan statistik per-protocol, proto dapat berupa TCP, UDP atau IP, untuk -p
-p  Proto menampilkan koneksi untuk protocol yang di tentukan dengan proto-proto dapat berupa TCP atau UDP.
-r  Menampilkan isi dari tabel rounting

Cara kedua adalah dengan menggukan fasilitas service dari window.
Misalnya untuk melakukan koneksi melalui fasilitas telnet (port 23), terlebih dahulu pada komputer yang akan di remote misalkan 192.168.1.4 dijalankan dulu service telnet-nya. jika anda menggukan Sistem Operasi Windows XP, cara mengaktifkannya adalah : Start => Control Panel => Administrasi Tools => service.

Anda bisa melihat daftar service atau port yang terbuka atau yang tertutup.
untuk melihat service telnet yang ada di pc anda, cari telnet, lihat ststusnya jika statusnya adalah started berati port untuk ternet di pc anda terbuka, berati pc anda sudah siap di remote oleh orang lain.

Untuk mencegahnya yaitu dengan mendisable telnet dengan cara :
Clik kanan di service telnet, pilih proporties, ubah startup type menjadi disable dan cara untuk mengaktifkannya kembali ubah startup type menjadi manual atau automatic.

Cara yang ketiga yang merupakan alternatif lebih mudah yang bisa kita gunakan untuk membuka atau menutup port terbuka adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi protable yang bernama CurrPorts.
Jika anda memerlukan daftar port yang ada silahkan Download Di sini !!

Silahkan anda jalankan program CurrPorts ini terlebih dahulu agar semua port terbuka dapat terlihat. untuk menutup port yang bersangkutan, anda dapat klik kanan pada aplikasi yang bersangkutan lalu memilih opsi "Close Selected TCP Connections' atau dengan cara 'Kill processes of selected port'.

Note : Perlu anda ingat bahwa tool kecil ini dapat mematikan aplikasi yang berjalan tidak secara permanent sehingga setiap kali anda restart maka port yang ada tutup sebelumnya akan terbuka kembali.

Semoga Bermanfaat

(DS/kP)

No comments:

Post a Comment